Resep Membuat Agar-Agar Jagung Pandan

Tuesday, December 16, 2014

Awal saya merasakan agar-agar ini ketika ada acara persekutuan doa di salah satu rumah jemaat gereja. ketika selesai beribadah, beliau menyediakan menu makanan salah satunya adalah agar-agar ini. awalnya saya pikir ini adalah agar-agar biasa, ternyata setelah dimakan, agar-agarnya rasa jagung dan itu enak syekaliiiii hihiii

Alhasil saya penasaran dan kemudian bertanya resepnya apa aja, beliau pun memberi tahu resep-resepnya. kemudian dibulan berikutnya, kebaktian berganti dirumah saya, saya pun ingin bereksperimen dengan menu agar-agar yang sebelumnya. Kemudian saya mengusulkan ke mama untuk menu makanan penutupnya adalah agar-agar jagung yang akan saya buat, eeh ternyata mama setuju! mungkin mama berpikir, tumben saya mau memasak, karena sebelumnya saya paling tidak suka memasak hahaa jadi ini adalah masakan pertama sayaa !!! :)

Bahan :
  • 2 bungkus agar-agar rasa original (tidak berwarna dan tidak berasa buah-buahan)
  • 5 gelas santan
  • 3-4 buah jagung manis
  • Daun pandan (bukan extract atau pewarna pandan)
  • Vanili
  • Gula pasir secukupnya

Cara membuat :
  • Pisahkan jagung dari tongkolnya, blender, kemudian peras, ambil air saripatinya,
  • Blender daun pandan bersamaan dengan ampas sisa jagung tadi, peras, ambil air perasannya,
  • Masukkan santan ke dalam panci berikut dengan agar-agar dan juga perasan jagung dan daun pandannya,
  • Campurkan pula gula pasirnya. Untuk takaran nya tergantung dari masing-masing merk agar-agarnya, biasanya satu bungkus agar-agar itu ½ - 1 gelas gula pasir,
  • Aduk semua bahan jadi satu, campurkan vanili, kemudian masak dengan api sedang hingga mendidih,
  • Dalam proses memasak agar-agar, usahakan di aduk terus agar-agarnya, karena jika tidak diaduk, santannya akan pecah. Dan itu mempengaruhi rasa dan tampilan agar-agarnya ketika jadi dan dingin nantinya,
  • Jika sudah mendidih, angkat kemudian pindahkan ke cetakan agar-agarnya,
  • Diamkan hingga setengah dingin, kemudian masukkan ke dalam pendingin agar dingin dan mengeras secara sempurna,
  • Agar-agar jagung pandan pun siap dihidangkan dan siap disantap.


Note :
  • kurang lebih penampakan makanannya seperti diatas. namun sebenarnya kalau menggunakan resep diatas, warna agar-agarnya akan menjadi hijau lumut, karena warna hijau pandan akan bercampur dengan warna kuning gading dari jagungnya. silahkan bayangkan atau coba sendiri untuk melihat warna yang dihasilkan.

Selamat mencoba dan selamat menikmati..
Salam masakan mamaa J

0 comments:

Post a Comment

Masak yuukkk Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template for Bie Blogger Template Vector by DaPino